Citarum Bestari

Iwan Rudiawan 07 Januari 2018 00:06:24 Berita Desa

Citarum Bestari di Kecamatan Solokanjeruk

Engkos Kosasih

 

Citarum Bestari di Kecamatan Solokanjeruk

BANDUNG RAYA

 

Jumat, 27 Oktober 2017 | 15:32 WIB

Wartawan: Engkos Kosasih

MUSPIKA Solokanjeruk, Kabupaten Bandung terus mengedukasi masyarakat tentang lingkungan, Jumat (27/10/2017). Edukasi tersebut di antaranya melalui program Citarum Bestari yang digulirkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Raksa Desa yang merupakan program Pemerintah Kabupaten Bandung.

Camat Solokanjeruk, Moch Ischaq mengatakan, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat itu, pada Kamis (26/10/2017), Muspika Solokanjeruk, aparat desa dan jajaran Kodam III Siliwangi melaksanakan kegiatan Citarum Bestari di bantaran Sungai Citarum, Kampung Wisata Air Rancakasumba, Kampung Koyod, Desa Rancakasumba, Kecamatan Solokanjeruk. Bersamaan dengan itu pula dilaksanakan Komunikaai Sosial Kreatif dengan melibatkan jajaran Kodam III/ Siliwangi. 

"Pada program Citarum Bestari itu, dari berbagai unsur melaksanakan membersihkan sampah di bantaran Sungai Citarum. Bersamaan dengan itu, dilaksanakan pula pergelaran seni budaya dengan menampilkan potensi daerah setempat," kata Ischaq kepada galamedianews.com di Solokanjeruk. 

Ischaq mengatakan, kegiatan Citarum Bestari itu diiringi dengan sosialisasi kebersihan lingkungan kepada masyarakat. Dalam sosialisasi yang diikuti OKP dan Ormas itu, imbuh Ischaq, maayarakat turut membersihkan sampah yang ada di bantaran Sungai Citarum.

"Sebagai tindaklanjut dari program Citarum Bestari ini, diharapkan masyarakat jangan membuang sampah sembarangan ke Sungai Citarum," katanya.

Ia juga berharap kepada masyarakat sekitar untuk mendukung program pemerintah dalam menciptakan kelestarian lingkungan. "Kita juga berharap para pengusaha tidak membuang limbah cair ke Sungai Citarum," katanya.

Termasuk, imbuhnya, industri kecil dan limbah rumah tangga tidak dibuang ke Sungai Citarum. 
"Dengan adanya program Citarum Bestari ini, kita berharap dibarengi dengan penataan bantaran Sungai Citarum supaya terlihat indah dan menarik. Penataan ini sesuai dengan harapan masyarakat yang disampaikan kepada pemerintah setempat. Di antaranya dengan cara penataan kirmir di bantaran Sungai Citarum. Supaya masyarakat segan membuang sampah ke sungai, disaat bantaran sungai sudah tertata dengan baik," tuturnya. 

Selama ini, kata dia, pemerintah melalui Balai Besar Sungai Citarum baru melaksanakan penyodetan dan pengerukan sungai. Belum mengarah pada penataan sungai dengan cara dibangun kirmir.

"Saat ini pula, di bantaran sungai itu dimanfaatkan warga untuk menanam jagung, buah-buahan dan tanaman keras," jelasnya.

Editor: H. Dicky Aditya

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Informasi COVID-19 Kabupaten Bandung

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI ..... !!!

Info Media Sosial

Wilayah Desa

Sinergi Program

Kecamatan Solokanjeruk

Aparatur Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Lokasi Kantor Desa

Alamat Jln. Babakan Desa No.27 RT.001 RW.012
Desa Rancakasumba
Kecamatan Solokanjeruk
Kabupaten Bandung
Kodepos 40872
Telepon
Email info@rancakasumba.desa.id

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung